4 Faktor Umum Anda Tidak Cepat Dapat Kerja

Cold News - Mencari pekerjaan pada saat ini tidaklah mudah. Banyaknya pelamar kerja namun kebutuhan perusahaan yang minim membuat perusahaan sangat selektif memilih pegawainya.
Sering ditolak sebenarnya menjadi hal lazim bagi kita yang baru mencari kerja. Namun, tanpa disadari sebenarnya mungkin saja Anda melakukan kesalahan yang tidak diketahui.
Untuk itu, berikut ini penyebab Anda tidak mendapatkan pekerjaan dengan cepat menurut Robert Hohman, CEO Glassdoor, dilansir dari Bussiness Insider, Jakarta, Senin (11/11/2019).
1. Melamar Pekerjaan di Banyak Tempat
Begitu Anda mulai mencari pekerjaan, masuk akal jika ingin mengajukan lamaran ke banyak perusahaan. Namun, Hohman tidak sepakat dengan hal itu karena melamar ke banyak perusahaan justru bisa menimbulkan masalah.
Strategi pencarian kerja dengan cara "lamar dan doa" jarang menghasilkan hasil yang ideal. Menurutnya, ini merupakan salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan para pencari kerja.
Ada baiknya bagi Anda yang saat ini sedang mencari kerja, coba melaksanakan pendekatan yang lebih teliti dengan sedikit perusahaan. Hal ini dapat lebih cenderung menghasilkan respons.
2. Tidak Mengetahui Budaya Perusahaan
Anda perlu memastikan bahwa Anda telah mengetahui dan mengenal baik calon perusahaan. Itu berarti Anda perlu menggali umpan balik karyawan pada situs pekerjaan dan media sosial.
"Dengarkan suara karyawan yang sedang bekerja di sana. Biarkan mereka memberitahu Anda tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan," ujar Hohman.
3. Gagal Wawancara Kerja karena Kurang Cari Tahu soal Gaji
Anda dapat menunjukkan sikap positif pada saat wawancara kerja, seperti memberi jawaban yang bagus dan menunjukkan resume Anda yang mengagumkan.
Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati, karena ada satu hal penting yang sering kali terabaikan oleh para pencari kerja yaitu tidak memiliki data yang lengkap untuk menegosiasikan gaji.
Sebagai seseorang yang telah menegosiasikan ribuan paket gaji dengan kandidat, Hohman mengatakan, kandidat yang dipersenjatai dengan data dapat melakukan yang terbaik.
"Mereka memiliki rasa yang baik tentang gaji mereka untuk peran tersebut dan mereka memiliki argumen berbasis data mengapa mereka layak dibayar dalam jumlah tertentu," katanya.
4. Tidak Ada Persiapan Saat Wawancara
Hohman mengatakan pasar kerja saat ini sangatlah kompetitif. Namun dengan mempersiapkan lebih teliti untuk sebuah wawancara, Anda dapat menunjukkan minat yang lebih besar dan berbicara lebih banyak mengenai keahlian Anda yang relevan untuk mengesankan calon atasan Anda. 

Sumber : Akurat.co

Komentar