Jangan Diabaikan! Lidah Bisa Deteksi Kanker hingga AIDS

Cold News - Perlu kamu ketahui, Lidah bukan hanya membantu mengecap, mengunyah dan menelan makanan saja.
Dilansir AkuratHealth dari Health, Lidahmu juga bisa memberikan gambaran umum tentang kesehatan tubuh secara keseluruhan.
"Lidah yang normal memiliki warna merah muda dan tidak muncul benjolan," kata Sally Cram, DDS, penasihat konsumen untuk American Dental Association di Washington DC.
Jika Lidahmu tidak seperti kriteria di atas, maka kamu bisa jadi mengidap penyakit tertentu.
Diabetes
Sariawan umum terjadi di antara orang-orang dengan diabetes yang tidak terkontrol. Sariawan bisa menjadi tanda pertama bahwa kamu memiliki kondisi kronis.
Sariawan biasanya merupakan tanda dari sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah, dengan hadirnya infeksi jamur yang juga disebut kandidiasis oral pada rongga Mulut.
Pada orang dengan diabetes terlihat seperti lapisan putih tebal di Lidah. Beberapa orang menggambarkannya sebagai konsistensi keju cottage.
"Penderita diabetes juga lebih cenderung memiliki Mulut kering. Kebanyakan orang dengan diabetes agak dehidrasi," Ryan Kauffman,MD, spesialis THT di Piedmont Healthcare, Atlanta, Amerika Serikat.
"Lidah juga bisa agak mengerut dan kehilangan beberapa penampilan normalnya," tambahnya.
Tanda awalnya bisa dilihat dengan Lidah pucat putih yang menutupi Lidah, karena jamur Mulut.
Seperti halnya diabetes, sistem kekebalan tubuh penderita HIV melemah sehingga membuat kamu sulit melawan organisme yang hidup dalam tubuh.
Luka merah pada Lidah dan bagian di sekitar Mulut juga bisa menjadi tanda HIV/AIDS. Biasanya tampak berbulu di sisi Lidah yang disebut hairy leukoplakia.
Saat ini, ada banyak perawatan yang efektif untuk HIV / AIDS, termasuk pengobatan untuk mencegah infeksi.
Kanker
Adanya benjolan atau luka pada Lidah atau bagian lain dari Mulut yang bertahan lebih dari dua minggu perlu diperiksa ke dokter ahli. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda ada Kanker dalam tubuh.
Kondisi seperti ini disebut juga leukoplakia atau kondisi dimana ada gangguan pada Gusi, bagian dalam pipi yang terletak di bagian bawah Mulut dan Lidah. Pada keadaan ini, bercak putih yang disebabkan oleh pertumbuhan sel- sel yang tidak terkontrollidah akan muncul di bagian Mulut.
Stres
Luka pada bagian Lidah jangan dianggap biasa. Ini bisa disebabkan oleh virus yang menandakan bahwa bisa menjadi tanda stres.
Jika kamu memiliki luka kecil dan dangkal, cobalah berkumur dengan air garam hangat dan hindari makanan berminyak hingga pilihlah yang lembut dan dingin seperti yogurt.
Stres juga bisa diatasi dengan olahraga, yoga, atau meditasi, dan memperlambat proses mengunyah.[]

Sumber : Akurat.co

Komentar