6 Tips Mengatasi Keringat Berlebih

Cold News - Berkeringat adalah proses alami yang merupakan cara tubuh Kamu untuk menurunkan suhunya dan ini sangat normal. Namun keringat berlebih yang biasa terlihat di ketiak, telapak kaki dan telapak tangan bukanlah kondisi normal. 
Memiliki noda keringat bisa memalukan dan dalam beberapa kasus menyebabkan rendahnya kepercayaan diri dan harga diri. Ada banyak cara untuk menghindari keringat berlebih yang berkisar dari kebersihan pribadi yang lebih baik, pengobatan alami, perawatan medis dan obat-obatan. Tetapi ada juga metode sederhana untuk mencegah keringat berlebih.
Dietmu memainkan peran penting
Makanan yang mengandung bawang putih dan bawang bombay dan yang pedas, berminyak, diproses dan memiliki kandungan gula tinggi harus dihindari karena ini merangsang kelenjar keringat dan mengakibatkan keringat berlebih.
Kurangi kafein dan nikotin
Usahakan membatasi asupan kafein, nikotin, dan alkohol. Minuman yang kaya akan senyawa ini menstimulasi sistem saraf untuk melepaskan adrenalin, yang pada gilirannya meningkatkan suhu tubuh yang menyebabkan tubuh Kamu berkeringat.
Minum banyak air
Jaga tubuh Kamu tetap terhidrasi sepanjang waktu karena mengurangi suhu tubuhmu dan membuat Kamu lebih sedikit berkeringat. Hindari minuman yang disajikan panas dan pilih yang dingin. 
Coba antiperspiran
Hindari menggunakan deodoran jika Kamu sering berkeringat dan coba gunakan antiperspiran. Untuk keringat berlebih, gunakan antiperspiran yang mengandung aluminium klorida yang menghalangi pori-pori saluran keringat. Oleskan antiperspiran sebelum tidur karena mereka lebih efektif bila diterapkan pada malam hari.
Gunakan sabun anti-bakteri
Menggunakan sabun antibakteri yang baik dengan triclosan akan menghilangkan infeksi bakteri dan mencegah bau yang tidak sedap. Selain itu hindari mandi di air panas, karena meningkatkan suhu tubuh Kamu dan cenderung membuat Kamu mudah berkeringat.
Pilih pakaian yang tepat
Hindari kain sintetis dan pilih yang alami seperti katun atau wol karena memungkinkan aliran udara bebas dan mengurangi risiko keringat berlebih. Jika Kamu berkeringat, kenakan kaus kaki olahraga atau kaus kaki yang terbuat dari serat alami, bukan yang sintetis.

Sumber : Akurat.co

Komentar